Minggu, 02 Desember 2012

sebelum membeli iPhone bekas

Kali ini saya membuat daftar beberapa hal yang harus diperhatikan atau dipertimbangkan sebelum Sobat memutuskan untuk membeli sebuah iPhone bekas atau second
Pastikan harganya sesuai
§  iPhone yang masih dalam masa garansi biasanya harganya lebih tinggi daripada iPhone yang sudah habis masa garansinya.
§  Pastikan harga yang ditawarkan kepada Sobat cocok atau masuk akal. iPhone yang terlalu murah mungkin saja curian/barang hilang/imitasi atau ada apa-apanya.

Yang perlu ditanyakan kepada penjual
Nomor IMEI atau serial number dari iPhone yang akan Sobat beli.
Setelah Sobat mendapatkan ini, Sobat bisa mengeceknya untuk memastikan kalau iPhone ini bukan curian/hilang sekaligus untuk mengecek masa garansinya. Sobat bisa mengeceknya di situs Apple:
 Check Your Service and Support Coverage.
Dan juga, jika seandainya iPhone yang akan Sobat beli adalah iPhone locked (terikat kontrak dengan operator/non-FU) dan masa garansinya telah habis, Sobat bisa meminta kepada operator asalnya untuk melakukan unlocked kepada iPhone yang masih locked ini.
Selanjutnya adalah, mengecek keaslian pemilik iPhone yang akan Sobat beli.
Pastikan kalau orang yang akan Sobat beli iPhone nya adalah pemilik asli dari iPhone tersebut. Misalnya, meminta kwitansi pembelian, meminta dus asli, dll. Tidak mudah memang, tapi setidaknya ini memastikan kalau orang tersebut betul-betul menjual iPhone miliknya sendiri.
Terakhir, tanyakan apakah iPhone nya sudah pernah dibongkar.
Kalau pernah dibongkar, artinya garansinya sudah tidak berlaku lagi.
Pada saat bertemu sang penjual
§  Bawa sebuah simcard yang masih aktif. Jika memang iPhone nya FU (factory unlocked) maka seharusnya iPhone nya bisa berfungsi normal pada semua operator.
§  Bawa pula sebuah peniti/jarum atau alat untuk mengeluarkan simcard dari iPhone. Ini untuk jaga-jaga siapa tau penjualnya tidak membawa/mempunyai alat-alat tersebut.
§  Tambahan: kabel data, dan headphone. Mungkin juga laptop.
Memeriksa iPhone
§  Matikan lalu hidupkan kembali. Ini untuk memastikan tombol power/sleep bekerja dengan normal.
§  Masukkan simcard yang Sobat bawa (pastikan ukurannya pas dengan iPhone 4/4S).
Telepon seseorang, bicara lah dengannya, jangan cuma
 miss call. Setelah itu suruh orang tersebut untuk menelepon Sobat kembali.
§  Rekam suara Sobat sendiri. Ini untuk memastikan speaker dan mic nya bekerja dengan baik.
§  Tap sebuah ikon aplikasi pada homescreen dan geser-geser dengan jari Sobat. Pastikan kalau ikonnya berpindah dengan normal dan halus. Ini untuk mengetes digitizer pada layar touchscreen iPhone.
§  Ambil sebuah gambar dan video dengan kamera.
§  Tekan tombol Home untuk menutup aplikasi, menampilkan multitasking bar atau aktivitas apapun yang membutuhkan tombol Home selama beberapa kali. Pastikan kalau tombol Home nya masih normal, enak dipencet dan tidak tersendat-sendat.
§  Colokkan headphone ke iPhone dan dengar sebuah lagu. Pastikan kalau suara masih bisa terdengar jernih melalui headphone. Kalau sempat, telepon orang lain dan dengar suaranya dari headphone tersebut.
§  Cek apakah iPhone nya sudah pernah menyelam di bak/ember. Triknya ada di halaman ini.
§  Ubah-ubah volume dari tombol volume yang ada disamping, rasakan apakah tombolnya masih normal atau tidak.
§  Ubah-ubah mode silent dan getar melalui tombol yang berada pada sisi samping iPhone.
§  Nyalakan Wi-Fi dan carilah hotspot disekitar Sobat. Kalau ada yang gratisan, cobalah untuk masuk ke jaringan tersebut dan browsing selama beberapa menit untuk menguji kualitas Wi-Fi dari iPhone.
§  Jika Sobat sempat membawa laptop, cobalah untuk menghubungkan iPhone dengan kabel data. Ini untuk memeriksa apakah konektor dari iPhone atau kabel datanya masih normal atau tidak.
Special case
Beberapa orang menjual iPhone miliknya karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena iPhone nya itu dalam kondisi locked, dan tidak bisa digunakan untuk menelepon karena tidak bisa menjalankan simcard selain dari operator asalnya. iPhone yang dalam kondisi ini biasanya dijual pemiliknya karena putus asa, karena biaya untuk unlock IMEI terlalu mahal. Biasanya pemiliknya akan menjualnya dengan harga yang lebih murah.
Saran saya, jangan membeli iPhone yang locked. Kecuali Sobat punya pertimbangan lain, atau punya uang cukup untuk membeli jasa unlock IMEI.
Sekian tips dari saya, kalau Sobat punya tips lainnya silakan tambahkan 


1 komentar: